Thursday, September 27, 2007

The Mighty Foolproof Heart Scanner

The heart is deceitful above all things and beyond cure. Who can understand it?

"I the LORD search the heart and examine the mind, to reward a man according to his conduct, according to what his deeds deserve."

Jeremiah 17:9-10 (NIV)

Kemarin sore salah satu alasan aku pulang cepat selain karena kepalaku udah pusing banget, aku harus beli beras ke toko Cina yang tutup jam 6. Biasalah, aku belum bisa jadi kaya orang Eropa yang kuat 'hidup hanya dari roti saja.' Aku masih harus hidup dari beras hehehe. Ada satu yang menarik waktu aku beli beras di toko Cina itu. Setelah aku kasih selembar uang 5 euro ke kasir, dia periksa uang kertas itu dengan melewatkannya ke sebuah mesin scanner, yah mesin buat ngecek keaslian uang. Kali pertama, itu mesin menolak uangku itu dan lampu merah yang nyala. Aku ga terlalu terkejut, yah mungkin karena belum dirapiin aja tu uang.

Bener, si kasir trus ngerapiin uangku itu sampe lurus trus dia scan lagi. Cuma kali ini mesinnya nolak juga. Beh, kok bisa ya, pikirku. Dia rapiin lagi, lalu scan lagi, eh masih nolak juga tu mesin. Itu terjadi sampe beberapa kali, kayanya lebih 10 kali. Dia sampe mulai nanya apa aku punya uang kertas lain. Aku bilang aku ga punya, lagian aku saat itu lagi care sama uangku itu dan sama diriku yang merasa kena tipu dapet uang palsu. Penasaran aja sih, kok bisa terjadinya di Eropa, trus uangnya cuma LIMA euro lagi. Kalo di Indonesia, ok lah mungkin bisa terjadi, trus kalo mo malsuin uang, kenapa 5 euro pun di palsuin? Aneh deh, aku pikir tadinya ini cuma terjadi di sinetron Indonesia, ternyata ga juga heheh.

Belum cukup perjuangan si kasir, dia kasih ke temannya buat dicoba ke scanner yang lain. Tetap juga mesinnya nolak. Waduh, parah nih. Waktu aku dah mo ngambil dompetku buat ambil kartu debit, eh tiba2 pas si kasir scan lagi (mungkin untuk terakhir kalinya dengan cadangan kesabaran udah mo habis), mesin scannernya akhirnya terima dan lampu hijau nyala. Hah, leganya aku waktu itu. Lumayan lagi 5 euro, bisa buat nelpon berjam2 ke Indonesia hehe...

Ayat di atas itu bagian dari bacaanku kemarin dan karena itu aku jadi ingat kejadian ini. Kalo dibandingin, ternyata bukan hanya uang aja yang bisa palsu. Kalo kata ayat di atas, hati manusia juga bisa palsu dan jahat, bahkan katanya di atas segalanya. Ayat 9 tuh dalam konteks cerita di atas, pertanyaan siapa yang bisa tau dan nge-'scan' hati manusia. Kalo nge-'scan' uang palsu, udah ada mesinnya. Tapi kalo nge-'scan' hati, wah ada ga ya? Ada sih, mesin pendeteksi kebohongan, kaya di film2 itu. Cuma, yah namanya mesin atau komputer (baca: yang sebenernya benda paling bodoh di dunia ini), tetap aja bisa error kaya mesin scanner di toko Cina itu atau diakal2in sama yang namanya manusia pintar tapi jahat. Jadi apa yang bisa dong?

Syukurlah, ayat 10 berisi jawaban jelas dan tuntas untuk pertanyaan itu. Yang jawab ya Tuhan sendiri ternyata. Ya, hanya Dia yang bisa memeriksa hati dan menyelidiki pikiran manusia sepenuhnya, tanpa bisa dibohongi. Semua terbuka di depan mata-Nya tanpa ada yang bisa disembunyiin. Kalo kubilang, ya logis sih, kan Tuhan yang mencipta tiap manusia luar dalam, so He is the most competent expert on human beings. Dia ga mungkin salah atau diakal2in, kaya mesin scanner uang itu. Cuma kadang sih kita aja yang sok jago, mikir bisa ngakal2in Dia, tapi akhirnya tetap ketahuan juga. Kaya berita tentang satu pejabat negara baru2 ini yang terkenal punya track record bersih selama 30 tahun, eh akhirnya kedapatan terima suap. Belum tau sih, apa bener apa ga, kan masih diselidiki. Moga2 ga bener. Tapi kalo bener, wah ngeri juga ya. Apa kata istrinya, anak2nya, keluarganya, tetangganya, orang2 sekantor, orang2 sekampungnya...? Ternyata, reputasi yang udah dibangun susah payah selama 30 tahun bisa runtuh berkeping2 hanya dalam waktu 30 menit. Mungkin aja, who knows, hari itu dia lupa minta The Mighty Foolproof Heart Scanner buat nge-'scan' hatinya...

- yang berharap 30 tahun lagi, kalo masih bernafas, ga malu membaca blog ku yang kutulis hari ini

No comments: