Friday, September 14, 2007

Gerombolan bocor halus

Mulai dari Sabtu kemarin aku cukup disibukkan sama yang namanya sepeda. Sepedaku yang kedua rusak, ban belakangnya (dalam ama luar) kayanya udah uzur jadi aku terpaksa harus beli ban baru. Cuma karena urgen banget butuh sepeda, ya aku pinjam sepeda teman dulu lah. Hidup jauh di negeri orang memang akan merasakan pentingnya yang namanya temen. A friend in need is a friend indeed, gituh kata orang. Syukur ada temenku yang baik mau minjemin aku sepedanya. Cuma ternyata kelegaanku cuma bertahan bentar.

Beberapa hari kupake sepeda mungil dari temenku itu, aku rada heran kok ban belakangnya kelihatan antara kempes dan mau kempes, padahal udah kupompa. Ternyata keherananku terbukti benar waktu suatu pagi, ban belakangnya bener2 kempes. Kalo ga salah itu hari Selasa deh. Syukur selama minggu ini aku permisi ikut kuliah di kampus, jadi ga di kantor. Coba kalo aku harus ke kantor dan pagi itu sepeda bannya ga bisa diajak kerjasama, wah masa aku jalan kaki ke sana? Kalo naik sepeda aja bisa 30 menit, berapa lama aku jalan kaki? Bisa mati muda lah aku nanti. Jadi singkat cerita sejak hari itu aku jalan kaki lah pergi pulang ke kampus. Not bad lah, sekalian nostalgia dikit, abis dari TK sampe kuliah di Bandung dulu paling sering jalan kaki. Zero carbon footprint bok hehe...

Nah, hari Rabu aku coba deh cek itu ban. Di Belanda ini, tenaga manusia itu mahal harganya, jadi di sini orang2 berusaha ngerjain apa2 sendiri kalo bisa dikerjain, termasuk nempel ban sepeda kalo bocor. Lumayan juga loh euro yang keluar kalo kasi ke orang buat nempel ban, bisa buat beli krupuk segerobak hehe... Dengan perlengkapan perang yang kupunya, setelah kucek, aku menemukan dua lobang di ban dalam. Kutambal lalu kuberesin lagi, fuiih aku bernapas lega, melihat bannya udah kembali gemuk penuh angin. Aku pun naik ke atas persiapan mo ke kampus dan membawa semua perlengkapan perangku. Eh, pas aku turun mo ke kampus, bannya kempes lagi coba. Beh, gondok juga aku dibuatnya. Udah lah, jalan kaki lagi aku hari itu, cuma kali ini bukan buat nostalgia, tapi buat cooling down. But the worst is still to come...

Siang tadi, habis kuliah, aku pulang dan coba cek lagi deh ban bandel itu. Ternyata, setelah kucek ulang dengan kumasukin ke baskom isi air (gile, kaya tukang tambal ban profesional...), aku menemukan DELAPAN lobang bocor halus lainnya tersebar di ban. Aku pun mikir, dari mana gerombolan bocor halus ini datang? Daripada bersungut2, ya akhirnya dengan tabah dan mengelus2 dada kutambal lah semua bajingan2 bocor halus itu. Udah keburu kotor tanganku, gitu pikirku, sekalian aja lah dikotorin sampe tuntas. Setelah sekian lama, dan lewat quality control (cuma belum dapet standar ISO nih), selesailah ban itu dan sekarang gemuk lagi dia abis kuisi angin. Aku naik lagi ke atas mo ke kampus lagi. Pas aku turun mo ambil nasi buat makan siang (udah jam 3 lewat tuh), iseng kucek lagi lah ban mungil lagi bandel itu. Ternyata kempes lagi dia! Iiih, sebel kali aku bah ngeliatnya. Aku pun stress jadinya mengingat segala perjuanganku campur aduk sama penasaran dikit, dimana lagi bocornya sih???? Masa sepuluh bocor masih kurang juga?!

Sekarang, waktu nulis ini, stress ku sih udah ilang soalnya udah dapet sepeda baru dari temenku yang lain. Tengkyu pisan yaaa. Haaaah. Setidaknya minggu depan aku ga bakal mati muda gara2 harus jalan kaki ke kantor hehe... Tapi pas nambal ban tadi, sebenernya aku mikir satu analogi bagus kok, meski ga sepenuhnya pas sih. Aku bayangin ban dalam tuh kaya pikiran kita. Bocor2 halus itu kaya hal2 salah yang masih harus diberesin, yang sebenernya semuanya lahir dari pikiran. Bocor halus baru ketahuan kalo bannya diisi air eh sorry angin lalu di cek di baskom berisi air. Fase ini aku analogikan kaya devotional time, saat teduh, merenung diri, doa atau apapun namanya saat kita melihat diri di hadapan cermin firman Tuhan. Cuma sekarang firman itu analoginya kaya baskom isi air itu tadi. Seharusnya bocor halus bakal ketahuan kalo cermat melihat apa ada gelembung2 udara yang muncul. Baru setelah bocornya ketahuan, ya ditambal jadi ga bocor lagi. Mirip kaya masuk pit kalo di balapan Formula 1. Masalahnya kan kadang kita ga mau masuk pit, ato kalo pun masuk pit pura2 ga tau ada bocor dengan menutup bocornya buat sementara, ato kalo pun ketemu bocornya, ya ga mau ditambal, karena jelas ga enak buat si ban soalnya harus digosok2 dulu biar halus, ditaruh lem lalu ditambal. Yaaah, setidaknya itulah pelajaran buatku hari ini dari gerombolan bocor halus. Cuma jangan sampe bersepuluh lebih gitu dong datangnya ah.... cuape deh!

- yang udah cooling down abis makan dua ice cream vanila dingin dan risotto enak

Q (orang iseng) : loh Ritz, emang ada ya ice cream yang ga dingin?
A (orang garing) : Ya ada lah... ice cream panas... gimana sih, gitu aja kok repot #!@$%/*

No comments: