Thursday, September 20, 2007

Conan, pasti kita jalan-jalan lagi…

Tadi siang aku ke kampus lagi ada urusan dan aku pake kesempatan ini buat menikmati pameran foto2 jurnalistik yang menang World Press Photo tahun lalu. Foto2nya bagus2 loh. Yah mungkin secara teknik fotografi sih ga terlalu, tapi tiap foto kalo diperhatikan seolah2 berbicara dan menyampaikan pesan samaku. Aku suka dan tertarik banget sama foto jurnalistik kaya gini, soalnya foto gitu mampu berbicara lebih banyak dan kadang lebih keras daripada tulisan. Yang lebih powerful lagi kalo foto sama cerita digabungin, wuih mantep dah (istilahnya di deviantart.com, conceptual gitu).

Karena aku tertarik fotografi begituanlah yang bikin aku beli si Conan, kamera SLR Canon ku yang sayangnya udah lama kulupakan. Dulu sih masih semangat, cuma gimana lah Conan, aku sibuk jadi sorry lah ya kalau kau udah terlalu lama teronggok di box anti debumu dan aku pun sampe lupa kapan kita terakhir jalan bareng dan bermain2 mengabadikan dunia ini. Tapi lihat2 foto2 di pameran tadi seolah membangunkan aku dari tidurku dan melihat kembali keindahan dan kekuatan seni yang satu ini. Makanya hari ini aku jadi ingat kau lagi Conan. Sebelum nulis ini, aku keluarkan dia dari box nya dan kusapa lagi dia. Pas kucoba2 motret lagi sama si Conan, aku senang karena dia baik2 aja, trus seakan2 dia bilang ke aku, “Ritz, aku udah bosan banget nih nunggu dalam box terus. Ga ada yang bisa kukerjain di dalam box ni. Aku pengen banget lihat dan melukis dunia lagi dengan cahayaku…” Ok, ok, Conan, nanti kita cari waktu yaa, pasti kita jalan2 lagi. But sorry, sekarang kau harus balik lagi ke box ya… soalnya kalo ngga, nanti kau gampang jamuran sayang, dan kalo kau jamuran, wah aku yang pusing jadinya. Kalo jamurmu ga ilang2, bisa2 malah kujual kau hehe.. canda.

Jadi, tunggu aja lah ya blogku suatu saat isinya oleh2 aku main2 sama Conan (foto2 dan cerita kami)… we'll see.

Oya, biar gampang ngerti gimana maksudnya conceptual photography atau foto jurnalistik gitu, ini aku kasih satu contoh yang bener2 aku suka from this great guy. I really love it! Banyak lagi karyanya yang lain yang bagiku bener2 dahsyat, baik fotonya ama ceritanya. Just click here for more. Simple but powerful, isn’t it? Enjoy!

The Things I've Seen

by Gilad



Son, I want you to listen to me.
I have something important to say

Yes dad

No son, really listen.
Come, sit next to me.

Ok dad

I’m not young like you, but I was once.

I know dad. If this is about the…

No son It’s not. You promised to listen.

Sorry dad…

Well, can you see I’m aging?
I’m not the same as I was before.

You look great for your age

Yes?
How old am I?

You are 10?

No son, I’m over 100 years old.

Like I said dad, you look great for your age.

In my life I have seen a lot of things.
I’ve seen a rainbow after a storm.
I’ve seen clouds that took a swim in the ocean.
I’ve seen divers find treasures only to die of sunburn.
I’ve seen captains risk their lives to save a whale and others risk a whale to save their lives.
My son, I’ve seen a lot.
Every wrinkle, every stain of rust, every hole in my crumbling body is something I’ve seen and learned.

I know dad… can I go now?

Son, you promised me you listen, will you keep your promise?

Yes dad.

Well, after all I’ve seen there is one thing I know.

What’s that dad?

I’ve learned I know nothing.
I can’t explain, and I can’t predict anything.
Life is a big storm, and we must assume we can drown in any minute.

I don’t understand.
If I know nothing, how do I know that?

Now son,
Now I know you were listening.

I think it’s my time to go.


Source:
http://gilad.deviantart.com/art/The-things-I-ve-seen-11162681

No comments: