Tuesday, October 02, 2007

On movie: Alpha Dog (2006)

Kepala pusing abis ngerjain laporan kayanya sinyal kuat buatku untuk nulis blog. Terinspirasi dari movie review seseorang, kali ini aku akan perkenalkan satu tipe content baru blog ku: On movie. Jadi, hari ini tambah satu variasinya kan, biar kaga bosan juga. Btw, thanks ya dek buat inspirasinya heheh.

Tadinya sih aku mo nulis movie review, cuma aku ganti jadi on movie karena aku lebih tertarik belajar dari kisah film nya daripada ngomentari filmnya itu sendiri. Lagian kalo tentang soal2 teknis film aku ini ga pede, masih anak TK , maksudnya tahu dikit banget, udah dikit gitu mungkin salah lagi kan. Jadi soal2 teknis mah tanya yang ahli ato mbah Google aja dah. Oya, sebenernya aku dah pernah nulis 2 blog tentang film, satu tentang film Gie (click here) dan Forrest Gump (click here), cuma dah lama banget. Ok, let's get started!

Aku nonton film Alpha Dog beberapa hari yang lalu. Satu frasa yang muncul di pikiranku abis nonton itu: a movie about a bunch of stupid people. Aku sampe bingung, ini orang2 apa udah ga punya otak sampe mengambil keputusan yang nonsense kaya gitu. Ah, aneh lah mereka, sebagian lagi gila kalo kubilang. Tipe orang yang mikir setelah bertindak, bukannya sebelum. Yang jadi pertanyaan, kenapa mereka ini aneh dan gila begitu ya? Kalo dibilang ga punya otak, ga mungkin. Menurutku, dari ceritanya, masalahnya bukan ga punya otak ato kaga, tapi apa dan siapa yang mengisi / mempengaruhi otaknya.

Yang paling kelihatan dari film ini, otak banyak mereka rusak gara2 dua hal ini nih:
1. drugs (khususnya ganja)
2. teman yang sama2 rusak

Soal yang pertama, aku dulu pernah dikasi tahu kalo ecstasy sama ganja punya efek beda. XTC bikin mati, ganja ga bikin mati, cuma bikin gila. Beh, mo pilih yang mana tuh? Nah, di film itu, sebenernya ganja tuh salah satu aktor utama, saking seringnya dia muncul. Jadi, kalo mau tau gimana jadinya orang kalo hobi ganja, tontonlah film ini. A bunch of people mastered by weeds...

Dari yang kedua, aku belajar sesuatu tentang teman. Di film itu, anak2 mudanya kelihatan kompak dan setia kawan, cuma kompak dan setia kawan yang keblinger. Dalam pertemanan mereka, menurutku mereka kehilangan identitas dan prinsip individu karena mereka sudah mengasosiasikan diri mereka sama temen2. Apa yang teman2 lakukan, ya lakukan juga lah. Temen ngisap ganja, ya ikut ngisap juga. Temen masuk jurang, ikut juga masuk jurang. Temen bunuh orang, ayo ikut bunuh orang. Parah. Kenapa orang bisa gitu? Aku ga tahu pasti, cuma kalo kubilang, itu akibat orang menempatkan arti dan nilai dirinya dari teman2nya. Baginya, teman2nya lah yang membuat hidupnya berarti dan bernilai, sehingga kalo ga ikut teman, rasanya salah. Kasihan sih sebenernya, tapi begitulah kenyataanya, di luar sana ternyata banyak orang yang menyedihkan seperti itu. Prinsipku sih, kalo lo mau rusak, rusak aja sendiri, jangan ngajak2 orang lain, apalagi gue. Tapi kalo lo maju dan makin baik, jangan disimpan sendiri, share ama yang lain biar ikutan maju, apalagi gue jangan lupa lo ajak. Singkatnya, itulah temen yang baik. Kalo ada yang ngaku temen tapi ngajakin bikin hidup lo rusak, bilang aja ke itu orang: GO TO HELL! Lebih baik ga punya temen daripada punya temen buruk. Kalo dia ga bisa dibilangin lagi, 'kibaskanlah debu dari kasutmu' dan tinggalkan dia. In this case, a healty dose of individualism and egoism can save you from disasters.

Sebenernya banyak lagi sih yang bisa ditulis dari film ini. Cuma aku mo tulis satu aja yang terakhir. Bersyukurlah kalo masih punya orangtua, papa mama yang masih menyayangi kita meski kadang mereka agak susah ngerti kita atau bahkan kadang menyebalkan. Kalo kita ngaku udah besar dan bukan anak kecil lagi, ya udah saatnya tunjukin ke orang tua kalo kita bisa bicarakan masalah2 yang ada dengan baik, dengan argumentasi dan akal sehat. Itu tanda orang dewasa, bukan malah jadi kaya si Zack yang lari dari rumah untuk mencari kebebasan. Ya, dia memang menemukan kebebasan, tapi dalam kebebasan itu ironisnya dia malah ingin pulang ke rumah. Sayangnya, dia ga akan pernah bisa pulang ke rumah, hanya karena salah pilih teman...

Yep, exactly a bunch of stupid and crazy assholes...

- yang lagi pengen banget pulang ke rumah nun jauh di sana, kalo bisa... uuhh, ya udah lah, pulang ke rumah yang dekat ajah... nasi gorengku, aku pulang...

No comments: