Wednesday, October 03, 2007

On movie: Babel (2006)

Sebagai perayaan udah nyelesain laporan, tadi malam aku nonton film Babel. Dah lama siy pengen nonton film ini, soalnya penasaran juga, apalagi dari judulnya. Filmnya bagus, inspiring, trus rada nyeni kayanya. Yang menarik dari film ini, dia menyajikan sekian cerita terpisah tentang para pelaku yang terjadi di beberapa tempat berbeda, but somehow someway mereka punya hubungan satu sama lain, meski ga langsung. Cool.

Dari film ini aku kembali belajar that NO MAN IS AN ISLAND. Kalo hidup kita sampe mati dikait2an ama hidup orang2 yang ada di sekitar kita, langsung ato ga langsung, wuih kayanya jaringannya bakal lebih rumit dari jaringan Internet dunia kali heheheh. Istilah lainnya yang berkaitan, seperti biasa orang bilang, DUNIA INI SEKECIL DAUN KELOR, meski aku sendiri belum pernah liat itu daun kelor gimana, cuma pastinya kecil kali ye. Yup, dunia ini kecil. Pernah ketemu orang yang baru kenal dan setelah ngobrol2 ternyata orang itu punya hubungan ga langsung ama kita? Aku pernah alami, lumayan sering. Misalnya, baru beberapa minggu lalu aku tahu kalo teman kelompok kecilku di gereja ternyata punya adik yang satu angkatan samaku waktu kuliah dulu dan aku cukup tahu lah adiknya itu. See, it's really a small world.

Biar kreatif dikit, tiap kita bisa bikin cerita film Babel versi kita sendiri. Contohnya, aku bisa ciptakan 5 karakter dan filmku ini akan cerita tentang sepenggal kisah hidup kelima orang ini pada satu rentang waktu tertentu dan kelimanya punya hubungan, langsung ato ga langsung, cuma kali ini aku pengen bikin hubungannya cyclic, kaya lingkaran. Sebut aja kelimanya namanya A, B, C, D, dan E. A itu sebutlah aku sendiri. B itu misalnya salah satu temen kosku sekarang. Si C itu pacarnya si B, sebutlah dia tinggal di negara lain. Nah, si D itu temen kuliahnya si C yang ternyata diam2 suka ama si C. Biar gampang, kubikin aja si E itu kakaknya si D. Nah, biar hubungannya siklik, gimana hubungannya E sama A, alias aku? Rupanya, si E itu mantan kolega di tempat kerjaku dulu, salah satu 'friend' di Friendster ku trus akhir2 ini lagi rajin baca blogku ini heheheh (halah, bisa aja kau bah). Bisa aja kan? Ya dong. Lha who knows gitu loh? So, that's an example of my own Babel-like story, hehehe... Lokasi syuting nya filmku itu dimana dong? Si A ama B kan di Eindhoven Belanda, trus C ama D, let's say di Sydney, Aussie, lalu E di Jakarta. Mantap kan, tiga negara, lima cerita, satu siklus!

Aku suka ibaratkan hidup kita itu kaya benang, mirip silinder. Nah, kalo ingat blog ku tentang lingkaran kepedulian dan pengaruh (click here), kedua lingkaran ini jadi penampang benang silinder hidup kita. Makin besar lingkarannya (terserah yang mana), makin gede benang hidup kita. Nah, kalo tiap orang hidupnya digambarkan kaya gitu, waktu dua orang bertemu itu ibarat kedua benang hidup mereka beririsan (cie, matematiknya keluar nih hehe). Jadi jelas dong makin besar penampang benang seseorang, makin besar kemungkinan semakin banyak benang2 hidup orang lain yang 'beririsan' dengan benang hidup orang itu pada waktu singkat. Misalnya, secara kasar, aku berhubungan ga langsung (banget) sama SBY soalnya aku bisa baca berita tentang dia dari internet. That's why writing blog is so attractive to me, hwehe... coz it is intersecting my life's thread to so many others which I'll never know belong to whom...

Yang menarik dan penting buatku, what happens after the meeting? Apa yang terjadi sama tiap orang itu setelah mereka bertemu, baik langsung ato ngga? Sejauh mana dan gimana hidup kita bisa kasi pengaruh sama setiap orang yang Tuhan ijinkan 'bersinggungan' dan 'bertemu' dengan hidup kita? Tentunya sih kita pengen kasi pengaruh baik dong ya kan? Jadi, dengan benang hidup siapa aja benang hidupmu sudah bertemu dan beririsan hari ini? Trus, apa dampaknya hidupmu buat hidup orang itu? Atau sebaliknya, apa pengaruh hidup orang itu ke dirimu dari pertemuan itu, meski ga langsung?

Truly, everyday each and every one of us produces his or her own new 'Babel' movie. Amazing, isn't it?

-yang abis nonton masih bingung, kok judulnya Babel sih? Jaka Sembung emang goblok, ga nyambung golok... !@#$%^&*

No comments: