Wednesday, October 24, 2007

One hour, one day, the whole life

Setelah umur tua segini, akhirnya baru kemarin aku berkenalan sama yang namanya fitness center. Maklumlah, dulu belum bisa soalnya dulu fitness prioritas ke sekian, lagian dulu ga ada duit buat fitness. Kalo pun ada duit, ya lebih bagus dipake buat makan heheheh. But now things have changed and I think I'm ready to try another new exciting thing in life.

Aku nikmati kok tadi sekian lama berolahraga dengan mencoba berbagai macam alat fitness. Aku merasa segar tapi juga pegal dan capek. Tapi aku ingin coba lagi ah, lagian aku udah bikin kartunya buat jatah setahun, jadi kalo ga dipake sayang kan? Trus pas ada teman yang berbaik hati ngajarin, wah makin mantap lah kan. Thanks buddy! Minggu depan lah kita fitness lagi.

Seperti biasa, aku suka melihat sesuatu dari perspektif berbeda, trus menarik pelajaran dari situ. Jadi apa aja yang kupelajari hari ini selain gimana membentuk otot2 ku? Ada beberapa sih, cuma aku mo share satu aja. Selama latihan tadi, aku sadar kalo orang cenderung lebih suka melihat hasil tapi ga pengen melihat proses untuk mencapai hasil itu. Menurutku fitness itu bagus buat ngejaga fisik biar (kelihatan) oke. Siapa sih cowo yang ga mau badannya atletis dengan perut six pack? Aku juga pengen lah. Tapi baru di ruangan fitness tadi lah aku tau apa yang bikin banyak orang akhirnya ga mencapai apa yang mereka inginkan itu. Usahanya itu man, beh, butuh ketekunan, niat, kerja keras dan tentu aja, duit hehe... Apalagi waktu aku coba sendiri apa yang cowo2 atletis di ruangan gym tadi udah lakukan sekian lama sampe body mereka bagus like the 300 Spartans gitu, beh aku kembali sadar apa arti NO PAIN, NO GAIN. Selama ga mau berlelah2, tekun dan niat buat exercise, punya body kaya Hercules mah tinggal mimpi.

I think we can learn much more from the process rather than the result. Melihat hasil akhir itu bagus buat membuat kita punya mimpi, punya cita2 sampe ke langit. Having a realistic but challenging dream is a good start soalnya banyak orang yang bermimpi aja ga berani. Nah, cuma itu ga cukup. Setelah bermimpi terbang sampe ke langit, lalu lihat juga prosesnya. Melihat proses yang menjadikan hasil seketika itu juga akan membawa kita yang lagi di langit kembali ke bumi. Gedebummmm!! Gitulah mungkin suaranya pas kita jatuh kembali ke bumi ketika sadar bahwa ga ada yang gampang buat mencapai sesuatu yang baik. Iya lah, semua butuh usaha, wong itu udah hukum alam. Kalo ga percaya, coba deh pelajari Hukum Newton di fisika SMA kelas 1 hehehe...

So, if we listen to a very good singer, watch her singing live on stage and then see how she practice at her house for hours. Kalo kagum sama permainan piano pianis hebat, sekali2 lihat juga gimana dia latihan berjam2 tiap hari. Kalo salut lihat temen pinter, coba lihat gimana caranya dia belajar. Pengen jadi entrepreneur sukses dan milyuner kaya Chris Gardner, mari juga lihat perjuangannya dengan menonton film The Pursuit of Happyness (I really recommend this one). This is a long long list if we want to add more. This what makes me love biographies and inspiring movies based on true stories.

Well, what do I learn today in a nutshell?
If we want to dream, spend one hour to watch these successful people perform on their stages.
If we want to see how badly we dream, spend a day to see how they practice.
Then if we want to be successful like them,
spend our whole life doing what they have been doing.
Finally, if we want to be more successful than them,
spend our whole life doing what they have been doing, but better every time.

The question is, are we dreaming the right thing?

No comments: