Friday, October 19, 2007

A tribute to excellent teachers

Beberapa hari yang lalu aku ketemu dosenku yang ngajarin academic english skills. Aku ga nyangka kalo ternyata beliau masih ingat namaku, padahal aku ngambil kuliah itu tahun lalu, jadi pasti beliau udah ngajar banyak student baru setelah itu. Setelah chat sebentar, aku ngucapi terimakasih ke beliau karena dedikasinya membawakan mata kuliah itu dan apa yang kupelajari itu emang udah membantu banget buatku nulis laporan internship sehingga dapat nilai lebih baik dari target. Memang sih ikut kuliah beliau itu demanding, soalnya banyak tugas trus ujiannya ga gampang (emang ada gituh ujian yang gampang di TUE? hehehe...) tapi aku senang karena aku juga selesai dengan baik, lebih baik daripada anak Belanda rata2 di kelasku soalnya waktu itu cuma aku sendiri yang bukan Belanda.

Guru-guru yang berdedikasi memang telah memberiku pengaruh yang ga kecil dalam hidupku. Mulai dari TK ampe kuliah sekarang ini, ada beberapa guru (termasuk dosen) yang aku bener2 hormati karena dedikasinya dalam mengajar dan menolongku untuk mengerti. Sayangnya, selama aku kuliah di Indonesia jumlahnya ga banyak, sementara hampir semua dosenku yang ngajar di TUE ini semuanya committed banget buat ngajar dan nolong mahasiswa dalam belajar. What a pity! But anyway, I'd like to dedicate this blog as my tribute to excellent Indonesian teachers that have influenced my life so far.

Aku mulai dari SMA sampe pas di ITB aja, soalnya kalo SMP ke bawah udah pada lupa euy. Pas di SMP, aku suka banget sama pelajaran sejarah di kelas 2 (kalo ga salah) karena bapak guru yang ngajar sejarah waktu itu asik banget ngajarnya, kaya bercerita tapi sambil ngelatih aku menganalisis sejarah dan belajar dari sejarah. Trus aku juga suka biologi di kelas 2 karena ibu guru yang ngajar asik, apalagi pas praktikum, wah aku nanti2kan banget. Sebenernya ada lagi sih, cuma itu aja dulu yang bisa kuingat.

Aku berterimakasih sama bapak ibu guru di bawah (yang bisa kuingat sekarang) yang udah ngajar aku dengan baik selama di SMA. Sorry banget kalo aku lupa namanya, tapi yang pasti aku masih ingat face-nya.
1. Pak Ompusunggu, guru matematik di kelas 3. Wah, bapak ini guru matematik favoritku. Pertama aja sih kelihatannya sangar, tapi sebenernya hatinya baik dan senang membantu siswa. Aku jadi makin suka matematik karena bapak yang ngajar. Sayang ya Pak kita ga banyak persiapan buat olimpiade matematika dulu... gimana ga kalah :(
2. Bu Lilis, guru matematik di kelas 1. Ibu ini aku suka cara ngajarnya trus manis lagi hihihi... Aku masih ingat ibu ini sabar ngeladeni pertanyaanku waktu aku nanya soal probabilitas. Seru deh.
3. Pak guru fisika di kelas 2. Juga kelihatan sangar sih awalnya, tapi bapak itu baik kok. Ngajarnya oke, apalagi kalo nulis di papan, wah tulisannya rapi coy. Sayang, kalo ga salah kudengar udah meninggal. Abis beliau kuat banget ngerokok, kaya kereta api aja...
4. Bu guru bahasa Indonesia di kelas 2. Wah bu, kayanya ibu deh yang paling paten ngajar bahasa Indonesia. Aku suka banget pas ibu yang masuk, trus ibu lucu ngajarnya, seger.
5. Bu guru akuntansi di kelas 1. Ibu ini selain cantik, ngajarnya juga bagus, meski aku tetep aja susah bikin debet kreditku balance... mungkin aku memang ga pas jadi akuntan bu heheh...
6. Bu Pandiangan, guru kimia. Ibu ini cool abis, tegas tapi kimia jadi menarik kalo ibu yang ngajar. Aku masih ingat ibu ngejewer aku pas upacara bendera. Gimana lah ga tidur bu, abis ngebosenin sih heheh... Tapi aku yakin ibu sayang kok sama aku kan.

Kayanya itu dulu buat guru SMA. Nah sekarang terima kasih banget buat dosen2 di bawah yang udah ngajar aku dengan baik waktu di ITB. Aku daftarin sesuai urutan yang muncul di kepalaku.
1. Pak Hamonangan Situmorang, dosen pembimbing TA. Makasih pak untuk diskusi dan ngobrol yang menyenangkan dengan bapak. Jarang ada dosen kaya bapak yang mo sediain waktu dengan mahasiswa.
2. Dr. Suhartono Tjondronegoro, dosen Digital Signal Processing. Bapak sangat berdedikasi kalo ngajar dan buat ngebimbing mahasiswa. Beliau ini pasti persiapan kalo ngajar, trus senang melayani pertanyaan mahasiswa. Makasih juga pak buat soal2 ujiannya yang susah, mirip kaya soal ujian di TUE hehe...
3. Pak Wirana Dananjaja yang ngajar optik. Aku suka cara ngajar bapak yang runtut, jelas dan to the point. Bapak juga jarang absen kalo ngajar, trus senang melayani mahasiswa kalo ada pertanyaan.
4. Dr. Sri Redjeki, dosen kalkulus dan matematika teknik. Ibu ngajarnya dedicated, lugas, cuma aku aja yang otaknya mungkin belum nyampe buat ngerti kalkulus waktu itu hehe...
5. Dr. Sudirham yang ngajar rangkaian listrik. Aku suka cara ngajar bapak yang bikin aku gampang ngerti rangkaian listrik yang kadang2 nyebelin.
6. Dr. Suwarno, dosen elektromagnetik I. Dari beliau ini aku jadi ngerti sedikit lebih baik apa yang ada di pikiran si Maxwell. Soalnya dapet A sih hehe...

Buat bapak ibu guru semua, makasih banyak ya atas semua yang udah bapak ibu lakukan. I really appreciate it.

-yang juga ngerasain jadi guru dan kalo ada mantan student yang berterima kasih samaku... it's invaluable, something that money can't buy...

No comments: