Saturday, September 30, 2006

pelajaran dari minggu keempat

aku bersyukur aku bisa melewati minggu keempat dengan baik. semua tugas kuselesaikan dengan sebaik yang aku bisa dan aku ga ada rasa menyesal kurang baik melakukannya. semua kuliah kuikuti dengan semangat (atau ada juga yang disemangat2in hehe). kalau bukan karena Tuhan, minggu keempat ini akan lebih berat rasanya bagiku.

apa yang kupelajari minggu ini? ada beberapa. satu, aku diingatkan akan satu prinsip alkitabiah yang penting itu: WALK ANOTHER MILE. beri lebih dari yang diminta. minggu ini aku coba lakukan ketika mengerjakan satu tugas yang kukerjakan dengan temanku orang vietnam itu. ada satu soal yang optional, boleh dikerjakan boleh juga tidak. kami berusaha mengerjakannya dan berhasil. kemudian, kami mengetik semua solusi tugas kami di word processor. kami merepotkan diri kami dengan mengetikkan notasi matematik yang banyak. kata mahasiswa orang belanda, tugas boleh aja ditulis tangan dan dikumpul. tapi kami berusaha melakukan apa yang terbaik yang bisa kami kerjakan. kami puas dapat mengumpulkan pekerjaan kami tanpa rasa bersalah karena gagal memberi yang terbaik. walk another mile. semoga kami tetap setia dengan prinsip ini.

yang kedua, gembira dan semangat. dalam pembicaraan pas break dengan teman2, kami sampai pada point bahwa kuliah akan paling menyenangkan kalau kami suka materinya, suka dosennya, dan tahu jelas ini bakal berguna banget buat fase studi berikutnya. tapi itu ideal. jadi gimana tetap semangat kalo tidak ideal? yah, kalo dosennya cara ngajarnya ga kita suka ya ga bisa diapa2in. kalo materi ga suka, mungkin itu karena belum ngerti. kalo ga tahu kuliah ini ntar gunanya apa, ya think postively aja. suatu saat itu pasti berguna, somewhere, somehow. kualitas atau performance berbanding lurus dengan kegembiraan.

yang ketiga, BALANCE. tiga malam yang lalu, tetanggaku orang Greek mengundang kami para spaceboxers untuk datang ke kamarnya, to celebrate his birthday, jam 9 malam. waktu itu pas aku lagi ngerjain tugas sampai 9.30 aku baru sadar undangan temanku ini karena udah mulai ribut di luar. ada godaan dalam diriku untuk aku ga usah keluar, cukup berdiam diri di kamarku yang nyaman dan melakukan apa yang kumau. tapi aku akhirnya keluar, coming out of the room (not the closet hehe) and join the standing party. i had a very good time, knowing new people which are also my heighbors, from other countries., instead of free drinks and cookies. well, tugas bisa ditunda, aku bisa kurangi jam tidur tapi ulang tahun teman hanya saat itu kan?

No comments: