Sunday, September 03, 2006

blog baru

baru hari ini aku punya waktu buat nulis blog baruku. memang dari dulu sebelum berangkat dari Indonesia ke NL aku mau bikin blog baru, tempat aku bisa cerita macam2. cuma baru bisanya hari ini, hari ke-15 aku di NL.

so, blog ini mau diisi apa? ya, apa aja yang aku mau tulis. kuharap kali ini aku ga berakhir seperti dulu waktu aku mulai blog-ku yang sulung. pengennya nulis dalam bahasa inggris, eh tau2nya jadi ngerepotin diri sendiri. selalu kembali ke prinsip penting itu: tujuan harus jadi tuan. artinya, ya tujuan menentukan segala pengambilan keputusan. kalo tujuan nulis blog buat menuliskan isi kepala dengan nyaman, yah seharusnya pake bahasa ibu ajalah. kecuali kalo nulis blog buat nunjukin kita oke bahasa inggrisnya atau mau sekedar latihan (meski keduanya bisa nyampur), ya monggo. jadi aku akan pake bahasa tanah air sendiri, meski ya campur2 bahasa inggris, demi kenyamanan.

itu soal bahasa. menyinggung soal kenyamanan, aku juga merasa menulis dengan huruf kecil semua lebih nyaman daripada ngikutin tatabahasa baku. kan tujuannya supaya aku nyaman dan lebih cepat ngetiknya, karena mungkin saja nanti aku akan punya waktu sedikit buat nulis. gimana dengan pembaca? ok, aku akan bantu dengan paragraf yang sesuai dengan artinya: kumpulan kalimat yang memiliki satu ide.

trus ada satu lagi. soal style. juga karena tujuan, jadi aku ga akan jadikan ini latihan apakah aku masih ingat kata2 baku bahasa Indonesia. jadi apa yang nyaman dan enak, ya itu yang kupakai. dalam hal ini, kalimat terakhir itu untuk nulis blog keduaku ini. kalo dipake buat kehidupan nyata, wah bahaya. mungkin itu yang bikin Indonesia jadi seperti sekarang.

No comments: