Sunday, September 24, 2006

agenda utama dan pertama

salah satu kebiasaan baik orang di belanda adalah biasanya mereka punya agenda yang mencatat seluruh appointment dan rencana mereka. hampir semua orang rata2 punya agenda dan itu termasuk juga grad student, apalagi. tapi apakah agenda utama dan pertama bagi a christian grad student? karena grad student itu adalah seorang kristen, maka pertanyaannya jadi: apakah agenda utama dan pertama bagi seorang kristen?

jawabannya adalah mempersiapkan waktu yang cukup di pagi hari untuk menikmati persekutuan dengan Tuhan, being recharged, dengan menikmati firman-Nya dan berkomunikasi dengan-Nya melalui doa. ini sangat fundamental dan inilah yang juga seharusnya diajar di sekolah minggu, PSK (persekutuan siswa kristen), PMK (persekutuan mahasiswa kristen), alumni, dll.

aku merasakan banget gimana bedanya hari ketika aku memulai hari dengan agenda ini dan hari ketika aku gagal melakukannya. kembali aku diingatkan sama hukum yang kubuat sendiri selama dua tahun aku kerja jadi dosen bahwa "NILAI DARI SESUATU BERBANDING LURUS DENGAN USAHA YANG DIKELUARKAN UNTUK MERAIHNYA." yang sebaliknya berarti sama yaitu "USAHA YANG DIKELUARKAN UNTUK MERAIH SESUATU BERBANDING LURUS DENGAN NILAINYA."

No comments: