Monday, September 04, 2006

meninggalkan "pantai"

waktu aku sedang sibuk2nya persiapan berangkat, ada satu kalimat dalam bahasa inggris yang begitu kuingat. kalo ngga salah, isinya gini: seseorang tidak akan mungkin berlayar dan menemukan dunia baru kalau dia tidak mau melepaskan diri dari pantai rumahnya. kalimat ini yang kupikir tepat banget buatku. aku sebut diriku sekarang meninggalkan pantai rumahku dan menjelajahi dunia baru. apa yang kutinggalkan? status quo. segala sesuatu yang dengannya aku merasa biasa. apa yang kuhadapi? sebuah dunia baru yang jelas aku belum biasa hidup di dalamnya. jadi, ini adalah sebuah perubahan. perubahan besar dan terjadi dalam waktu cepat.

apa yang kurasakan? campur aduk, antara kegembiraan dan rasa kuatir. namun kupikir ini adalah thrill hidup. aku ga bisa bayangin gimana enaknya hidup tanpa ada perubahan, khususnya perubahan yang kita inginkan dan itu terjadi. aku belajar dalam setiap perubahan ada peningkatan level yang kita alami dan itu butuh energi aktivasi untuk melepaskan diri dari inersia hidup.

jadi, aku sudah "berlayar" naik pesawat Malaysia Airlines dari "pantai" Jakarta, singgah sebentar di KLIA, lalu tiba di "pantai" Schipol Amsterdam menuju dunia baru bernama Eindhoven. semoga aku pulang dengan membawa banyak hal dari sini, termasuk diriku sendiri yang pasti berubah. O Lord help me.

No comments: