Saturday, September 30, 2006

laptop dan bad habit

satu hal yang bikin aku milih kuliah di TUE adalah karena program laptopnya. untuk laptop yang canggih (spek lihat di sini) , mahasiswa cuma bayar 1000 euro sampai dia lulus dan bisa nyicil per bulan tanpa bunga. selebihnya TUE yang nanggung. memang ini mendukung banget sama proses belajar dan mengajar di sini, apalagi ditambah akses internet cable dan wireless yang oke di kampus. cuma ada yang bikinku ga enak.

sampai minggu ini, sejumlah mahasiswa internasional dari satu negara tertentu selalu membawa laptop mereka ke kelas pas kuliah. waktu dosen lagi ngajar, menurutku mereka berani sekali membuka laptop mereka dan ngerjain entah apa dengannya yang pasti ga ada hubungannya sama kuliah waktu itu. mereka sering browsing, liat2 foto, ada yang download, bahkan ga jarang chatting! gila.

nah, yang paling bikinku kesel itu apa? mereka hampir selalu duduk di baris paling depan! apa yang mereka lakukan di kelas itu sangat menggangguku. karena itu ga appropriate dan karena screen laptop mereka. ah entahlah. dalam hal ini, satu prinsip ini tepat. ada saatnya kita mikirin orang lain, ada saatnya mikirin diri sendiri dan ga usang pusing sama orang bikin apa. this time is for the latter. kalo mo ngaco, ya ngaco aja sendiri, ga usah ngajak2 orang lain.

No comments: