Monday, October 02, 2006

mens agitat molem

sudah seminggu ini aku mencari2 ide buat dijadiin topik report sama presentasi kuliah sebagai tugas. aku merasakan ternyata ga gampang menemukan ide yang tepat, yang pas. kemarin malam aku putuskan satu ide dari sekian alternatif. tapi, sepanjang pagi sampai sekarang aku pertimbangkan lagi, sambil browsing internet buat cari inspirasi. akhirnya, baru aja aku menemukan ide yang menurutku paling pas dan tepat.

ide itu unik. dia bisa datang di saat2 yang ga kita duga. Newton dapat ide tentang gravitasi waktu dia duduk santai dan melihat apel jatuh. Archimedes dapat ide tentang massa jenis waktu sedang berendam di bathtub. Feynman menemukan ide yang menjadi awal nanoteknologi waktu dia makan di kantin dan melihat orang melemparkan tempat makan. tapi ada satu yang sama dari ketiganya dan semua orang yang menemukan ide di saat yang tak terduga. mereka sedang berpikir, ya berpikir tentang masalah yang dihadapi. berpikir dengan melihat apa yang terjadi, berpikir dengan pikiran terbuka. ide inilah yang kemudian menjadi motor dan energi untuk tubuh ini bergerak untuk mewujudkan ide itu. seperti mottonya TU Eindhoven: MENS AGITAT MOLEM, The mind moves the matter.

baik, sekarang saatnya bekerja dan menulis (ulang) tugasku, hehehe.

No comments: