Monday, October 02, 2006

kalo dosen kuliah lagi

pengalamanku berdiri di depan mahasiswa dan mengajar sebelum kuliah lagi dan keinginanku untuk kembali jadi dosen ternyata punya pengaruh pas aku di sini. satu hal yang biasanya kulakukan setiap kali aku ikut kuliah adalah aku memperhatikan cara dosennya ngajar. aku belajar banyak tentang cara dan gaya ngajar, ada yang baik dan ada yang kurang. aku coba tulis yang baiknya dan yang kurang baiknya untuk sementara nanti aja dulu, hehe.

hal-hal baik yang kupelajari dari dosen2 di sini sejauh ini:
- hampir selalu tepat waktu. sejauh ini sih mahasiswa yang telat dibiarin masuk, meski ga ada yang keterlaluan telatnya. belum ada yang kasih maksimal telat.
- kuliah di sini per sesi 45 menit, trus break 15 menit. mereka hampir selalu ingat break dan menurutku break penting buat menyegarkan pikiran buat sesi berikutnya. selama break, dosen dan mahasiswa boleh keluar dan istirahat.
- umumnya mereka mempersiapkan kuliah dengan baik. ini kelihatan dari slide, silabus, kemampuan si dosen ngejelasin dan pas ngejawab pertanyaan.
- ini yang sip. mereka siap melayani pertanyaan mahasiswa waktu kuliah dan setelah kuliah. pernah dosen melayani pertanyaan kami selesai kuliah selama satu jam.
- dosen ga memaksakan pendapat. mahasiswa boleh aja ga setuju asal punya argumen kuat. kadang2 terjadi diskusi atau mirip kaya debat di kelas antara dosen-mahasiswa, tapi ya itu wajar.

selain gaya dan cara ngajar, aku sering perhatiin gimana caranya ngajar dalam bahasa inggris yang baik, apalagi kalo udah harus ngejelasin persamaan dan notasi2 matematika yang banyak. ga mudah kalo dicoba memang, tapi kalo ga mo jadi mediocre, ya harus bisa.

No comments: