Friday, October 27, 2006

Apa tujuan semua ini?

Aku teringat saat aku masih kuliah, aku pulang kampung dari Bandung ke Medan naik kapal dari Tanjung Priuk. Waktu itu, perjalanan jauh dari rumah, aku dapat tiket tanpa tempat (non-seat) sehingga harus tidur entah dimana di kapal selama tiga hari dua malam. Melelahkan. Lebih enak tinggal di rumah di Bandung dan main2. Tapi aku tetap pergi karena aku tahu jelas tujuanku. Tujuan memberi arti kepada perjalanan dan perjalanan memberi wujud kepada tujuan. Sebab apa arti perjalanan tanpa tujuan dan bagaimana tujuan terwujud tanpa perjalanan/usaha?

Saat2 kuliah semakin berat seperti ini, saat2 tenang tengah malam seperti sekarang, aku ingin kembali memaknai perjalananku di tanah asing ini dengan mengingat kembali apa tujuanku ke sini. Untuk apa aku datang ke sini jauh2? Untuk apa aku harus belajar lagi segala matematika yang bikin kepala pusing? Untuk apa aku harus ikuti kuliah yang rumit2 dan sulit2? Untuk apa aku harus bangun pagi2 untuk kuliah dan menghabiskan waktu di perpustakaan buat belajar dan mengerjakan tugas? Kalau semua ini bagiku tak jelas jawabannya, lalu kenapa aku masih di sini?

Bagiku, aku memilih kuliah s2 teknik yang jelas ga mudah ini karena aku dosen dan memang ingin jadi dosen. Aku yakin itu pula yang membuat panitia seleksi beasiswa itu memilihku. Coba kalau aku bekerja untuk perusahaan asing, rasanya aku ga akan terpilih. Kalau aku akhirnya akan bekerja di perusahaan di Indonesia, rasanya aku ga perlu sekolah s2 teknik. Lebih baik waktuku 2 tahun itu kupakai buat ambil MM atau MBA.

Jadi Ritz, kalau kau sudah tahu tujuanmu dengan jelas dan kau memutuskannya dengan pertimbangan matang, seharusnya kau tak perlu lagi mempertanyakan alasan dan tujuan eksistensimu di sini, kecuali mungkin kau mulai lupa lagi. Kau punya alasan kuat kenapa kau melakukan semua ini. Dan untuk tujuan yang kau pilih itu, memang tidak ada jalan lain selain jalan ini.

Sampai jumpa di tujuan dan jangan bingung kalau jumpa persimpangan, ya bung. Kalau pun kau bingung, tanyakan lagi pertanyaan2 tadi. Mereka adalah penasihat2 yang baik. Selamat mencapai tujuan.

No comments: