Friday, October 06, 2006

well done

Waktu masuk kelas sore tadi, ternyata tugas yang minggu lalu dikumpul sudah selesai dinilai dosen dan akan dikembalikan ke kami saat itu juga. Terus terang, aku agak gelisah waktu akan terima kerjaan kami (aku dan temanku) dan lihat nilainya akan dapat berapa. Aku ga tahu, hanya bisa duga2 aja. Yang kutahu, kami sudah kerjakan semaksimal mungkin dan itulah yang terbaik yang bisa kami berikan.

Akhirnya datanglah sang dosen ke meja kami. Dia tanya namaku siapa. Kujawab, "Panggabean, Sir." "So this is your work, WELL DONE", kata si dosen sambil tersenyum dan menyerahkan tugas kami dengan nilai kami tertulis jelas di sana. Aku ga nyangka nilai pertamaku di Belanda ini ternyata jauh lebih baik dari yang kuharapkan. Bagiku, ini semua karena Tuhan, sumber hikmat dan kekuatan. Yang pasti ini menjadi pemacu semangat dan awal yang baik bagiku. Tugasku tak perlu pikirin nilaiku bakal berapa. Tugasku adalah memastikan aku ngerti kuliahnya dan mengerjakan segala tugas sebaik yang kubisa. Nilai urusan dosen dan Tuhan.

Waktu kurenungkan kata2 dosenku itu, aku jadi kepikiran mencoba membayangkan gimana rasanya kalau aku akhirnya berdiri di depan Tuhan Yesus dan Dia berkata "Well done, good and faithful servant." Waktu itu, di hadapan-Nya, tidak ada hal materi yang akan kita bawa dari dunia ini. Uang, rumah, mobil, anything you can name, semua binasa dan tak ada lagi. Rasanya, waktu itu, tak ada yang lebih menggetarkan hati kita kecuali apa ucapan Tuhan buat kita. Ucapannya menentukan dimana kita harus jalani kekekalan yang tak terbatas: "sharing the master's happiness" atau "in the darkness, where there will be weeping and gnashing of teeth."

"Well done, good and faithful servant."

No comments: