Thursday, October 05, 2006

Mark Foley dan integritas

Selama hampir dua minggu ini aku nonton CNN dari TV kecil di kamarku, satu berita yang lagi heboh di Amrik sana adalah tentang anggota kongres Amerika namanya Mark Foley yang ketahuan melakukan tindak kejahatan kriminal seksual sama remaja yang kerja di Capitol Hill. Jadi dia chatting sama remaja2 ini, dan isinya gak pantas. Semua terbongkar gara2 satu anak remaja ksaih tahu sama pihak berwenang. Mark Foley akhirnya mengundurkan diri dan karirnya yang gemilang sebagai politisi hancur dalam sekejap. Sekarang kasus ini sedang diselidiki. Terakhir, pengacara Foley bilang bahwa kliennya adalah gay dan pernah di-abused sexually sama clergyman waktu remaja!

Menonton cerita hancurnya hidup seseorang karena hal kecil ini membuatku berpikir tentang integritas. Aku yakin bahwa aku bukan orang yang sungguh punya otoritas kalo bicara tentang topik ini. Aku masih terus berbenah dan itu semua hanya bisa karena Tuhan yang menolong.

Apa itu integritas? Bagiku definisi sederhana tapi lengkap datang dari bagian syair satu lagu rohani yang kudengar sekitar tahun 2003. Aku lupa judulnya tapi bait ini aku tak kan lupa:

May we be a people, a people of integrity
being who we say we are and doing what we say

Kadang orang jatuh bukan karena batu besar, tapi oleh batu kecil.

Membangun dan memelihara reputasi butuh seumur hidup.
Menghancurkannya bisa sekejap mata.

May God help us all.

No comments: