Friday, August 31, 2007

Spacebox dan Biksu

Tahu apa hubungannya spacebox sama biksu? Kalo ga tau, moga2 abis baca blog ini jadi tahu hehe…

Dulu waktu aku diterima di TUE, pihak uni nawarin aku untuk mencarikan tempat tinggal buatku, dengan syarat ini kaya blind date: aku terima atau tidak tanpa aku lihat kamar yang mereka pilihkan. Kalo aku ga terima tawaran itu, berarti aku harus cari kamar sendiri. Karena aku tak tahu siapapun di sini yang bisa bantu cariin tempat tinggal, ya kuterima aja lah tawaran itu. Aku lalu disuruh milih, mau di spacebox atau di student house. Terus terang aku waktu itu milih student house. Aku udah browse tentang spacebox di TUE. Kalo mo tau lebih banyak tentang spacebox, coba aja lah tanya mbah Google. Fasilitasnya sih keren, cuma harganya keren juga. Eh, meski aku pilihnya student house, aku ditempatin di spacebox sama uni. Gitulah cerita singkatnya kenapa aku akhirnya habiskan tahun pertamaku di spacebox.

Sekarang kesan2 tinggal di spacebox. Aku mulai dari kesan baiknya dulu deh, diurutin berdasarkan apa yang duluan muncul di otak aja. So, apa enaknya tinggal di spacebox? Yang pasti, lokasi dalam kampus, jadi tinggal 5 menit lagi kuliah mulai dan aku baru bangun, no problemo, wong jatuh aja udah nyampe kok. Dalam kampus juga berarti dekat ke centrum, dekat juga ke pasar. Cuma kalo ke pasar ya harus naik sepeda 5 menitan. Kadang2 malu juga, udah paling dekat eh mau juga telat kuliah hehe... Enaknya yang lain, mm internetnya cepet banget dan ada koneksi langsung buat TV. Kalo dibandingin dengan internet tempatku dulu di Indo, wah mirip bandingin mobil Formula 1 sama becak. Serius bok. Lha, gimana ga cepet, soalnya udah pake fiber to the home. Internet cepat jadi mudah mo browsing, ga perlu ke kampus lagi. Cuma, internet kenceng bisa jadi temen bisa juga jadi ‘musuh’. Ini ntar aja lah kuceritain, kan sekarang masih buat kabar baik. Enak nya apa lagi ya? Oh ya, ga perlu antri mo ke kamar mandi ato mo masak. Sesuka hati deh, mo tinggal seharian di toilet juga boleh, mo masak sampe mampus juga ga ada yang larang. Kalo di student house, ya harus liat2 temen juga, apa mereka pake. Intinya sih, spacebox menawarkan kebebasan penuh bagi penghuninya: mo jadi orang baik oke, mo jadi bajingan juga silakan, mo tidur sendiri sama selimutnya Vestide boleh, mo tidur bareng selimut hidup yang jablai juga emang siapa yang mikirin. Jadi kira2 itulah sebagian enaknya di hidup di spacebox yang bisa kupikirin.

Sekarang, apa ga enaknya tinggal di spacebox? Buatku sih, yang pertama muncul ya harganya mahal buat aku yang menggantungkan hidup dari beasiswa. Bayangin, sewa spacebox sebulan cukup buat sewa rumah di Medan selama setahun. Trus, aku merasa sepi tuh tinggal di sana, apalagi lokasi di dalam kampus yang abis jam 5 udah sepi kaya kuburan. Yang bikin sepi juga, ya karena tiap orang asik aja sendiri di kamarnya. Buka pintu langsung ke selasar luar, cuma lihat pintu2 spacebox tetangga yang biasanya tertutup kokoh. Syukur waktu aku di sana masih ada Apri, tetanggaku yang baik dari Indonesia juga. Yah setidaknya kalo suntuk atau malas masak, ada orang yang bisa digangguin hehe... Sorry Pri, but I have to admit, for me, you are the best Spaceboxer in all Eindhoven! Ga enaknya lagi apa ya? Oya, internet itu tadi ditambah kebebasan penuh kadang jadi kontraproduktif buatku. Ah, kalo dihitung2 berapa banyak waktuku habis karena ada internet supercepat di spacebox, kayanya bisa kupake buat apa aja ya? Mm, mungkin kalo semua waktu itu kupake buat serius belajar masak, aku bisa buka restoran Indonesia di sini kali hehehe...

Karena aku udah merasa sumpek tinggal di spacebox, jadi aku putuskan cari tempat baru, di student house yang lebih terjangkau kaum proletar sepertiku. Kamar baruku yang kutinggali sekarang memang lebih kecil dikit, tapi aku sejauh ini suka tinggal di situ. Kemarin malam adalah malam keduaku tidur di kamarku yang baru. Masih adaptasi juga, trus masih sedikit berantakan. The nice thing is I haven't got many unpleasant surprises, hehe...

Ada dua perubahan besar yang kualami sekarang. Satu, aku akhirnya bisa ketemu manusia setiap hari di rumahku. Jadi lebih manusiawi lah daripada tinggal di spacebox yang bisa aja tak ketemu siapapun dalam satu hari meski udah keluar dari spacebox dan celingak-celinguk di kampus. Kedua, di tempatku yang baru ga ada internet dan di kamarku juga ga ada TV. Sengaja memang aku pilih ga ada internet dan TV, ya mudah2an aku bisa lebih produktif di tahun keduaku yang sangat menentukan ini. Dua hari ini aku merasa memang ada peningkatan lah dalam hal produktifitasku.

Lucunya, ada temenku yang comment, lha ntar gimana aku hidup tanpa ada internet ama TV di rumah? Kaya biksu dong katanya. Yah, aku yakin temenku itu bercanda aja. Yang kupelajari sih, kalo mo dihubung2in sama perubahan, ada dua cara kalo mo bikin perubahan: satu, kita yang merubah diri tapi tetap tinggal di tempat yang sama, atau kedua, kita yang mengubah lingkungan kita sesuai kemampuan kita dengan tujuan menstimulasi perubahan diri yang kita mau. Mana yang kita pilih dari kedua itu sih ya hanya kita sendiri yang tahu, berdasarkan sejauh apa kita kenal diri sendiri dan tujuan apa yang mau kita capai. Untuk kali ini, aku pilih yang kedua karena menurutku itulah yang tepat buatku karena aku tahu apa tujuanku. Ada aja kok orang yang cocok tinggal di spacebox karena memang sesuai sama tipe orangnya dan termasuk tujuannya. So, it’s just a matter of taste. Kalo misalnya bagiku tujuan terpenting adalah gimana biar aku bisa online terus, gampang download dan nonton film, browsing pelototin monitor sampe mata bengkak dengan kemerdekaan dan privasi penuh, tetap tinggal di spacebox akan jadi pilihan tepat buatku. Cuma, kali ini memang bukan itu tujuanku datang jauh2 ke Belanda ini, jadi karena itu lah aku pindah ke lain kamar. Yang terpenting buatku sih, ya karena itu urusan kita sendiri, just do it and jangan sampe ikut2an aja. So, lessons of the day: A healthy dose of ‘cuek’ is important in life. If you believe you're doing the right thing, then go for it coz 'cuek' is a good policy for you. Pelajaran satu lagi buat hari ini. Pilihannya setidaknya selalu ada dua: change yourself to help change your environment, atau change your environment to help change yourself.

-yang bisa mirip biksu kalo bener2 botak trus dimasukin ke sarung warna kuning...

No comments: