Tuesday, August 14, 2007

Dua belas purnama pertama

Minggu depan, aku berarti sudah satu tahun di Eindhoven ini. Mungkin saat yang tepat untuk refleksi sedikit, melihat ke belakang, melihat saat ini dan melihat jalan di depanku. Kalau aku bisa katakan satu kalimat, maka kalimat yang tepat untuk satu tahun yang telah kujalanin ini adalah PRAISE THE LORD! Saat ini hampir semua kuliahku udah lulus, internship pertamaku juga udah beres (kecuali laporannya) , trus aku sedang jalanin internship keduaku di Philips Research Europe Eindhoven (lokasi di High Tech Campus Eindhoven). Kalo mo menghitung berkat Tuhan satu2, wah rasanya banyak sekali kebaikan yang sudah Tuhan lakukan dalam hidupku setahun ini. Panjang banget kalo mo ditulis di satu blog. Uniknya, berkat-Nya bagiku ada tidak hanya dari jawaban YA, tapi sering kali dari jawaban TIDAK dan TUNGGU untuk doa dan keinginan2ku. Jadi, inilah sudah dua belas purnama pertama perjalananku yang full of surprises!

Kalo aku coba palingkan mataku ke jalan di depanku, terus terang aku ga lihat apa2 kecuali jalan satu langkah di depanku. Itulah hari ini. Ya, hari ini itu saja yang kulihat, bukan yang lain. Tapi itulah enaknya hidup ini, bahwa Tuhan sengaja tidak memberitahukan masa depan bagiku soalnya kalo Dia kasih tahu, trus untuk apa lagi aku hidup sebab hidup sudah menjadi membosankan. Ibarat mo nonton film, tapi kau sudah tahu seluruh jalan ceritanya sampai akhir. Tapi meski aku tak tahu apa saja yang akan kuhadapi di jalan gelap di depanku, aku tahu dua hal yang pasti: jalanku itu jelas tak mudah, akan penuh perjuangan. Minimal tesis sudah menunggu and it will be the crown of my study. Tapi kepastian yang kedua adalah, apapun yang akan terjadi itu, aku takkan pernah berjalan sendiri sebab Sang Perencana Masa Depanku turut berjalan bersamaku. Tak perlu ada rasa kuatir, tinggal apa aku mau mendengar apa kata-Nya, memegang tangan-Nya dan mengikutinya kemana pun Dia pergi, meski aku tak tahu dan kadang tak suka...

-yang sedang berjalan menuju pantai dimana kapal untuk pulang akan tiba dua belas purnama lagi... semoga

No comments: