Tuesday, August 14, 2007

Terbaik karena cinta

Hari Minggu yang lalu, waktu ramah tamah abis ibadah gereja, aku bertemu dan kenalan sama kakak boru Sitorus dan keluarganya yang baru kali itu datang ke gerejaku. Kakak ini tinggal di Eindhoven juga dengan suaminya yang orang Belanda dan dua anaknya. Senang juga bisa kenalan trus bisa ngomong Batak lagi hehe. "Ayo, salam Tulang", gitu kata kakak itu sama anaknya yang salaman malu2 samaku. "Halo bere," gitu lah jawabku haha. Kapan ya terakhir aku dipanggil Tulang? Aku waktu itu bertiga dengan teman gerejaku, orang Batak juga. Jadi ngumpullah empat marga besar di situ: Sitorus, Panjaitan, Simanjuntak, Panggabean. Mungkin waktu itu tempat itulah kerapatan tertinggi jumlah orang Batak per meter persegi di Eindhoven hehe.

Ada yang lucu waktu kami ngobrol itu. Meski udah 15 tahun di Belanda, si kakak nanya juga ke kami pertanyaan standar ala ibu2 Batak kalo udah ketemu doli-doli: "Gimana, udah ada pacar kalian? kapan kawin?" Hahaha, sontak temanku Simanjuntak yang lebih senior dari aku itu berbisik ke aku, "yaa, inilah ga sukanya aku ketemu orang Batak, pasti itu aja pertanyaannya..." Ga nyangka soalnya kalo adat di sini, pertanyaan kaya gitu terlalu personal untuk ditanyakan sama orang yang baru kenal. Tapi dasar kalo udah ketemu sesama Batak, 15 tahun di Eropa kayanya ga ada bekasnya tuh heheh...

Ditanya pertanyaan standar kaya gitu sih, biasanya aku punya jawaban standar juga: "Gimanalah (Tulang, nantulang, Ompung, dll isi sendiri), belum ketemu sama yang beruntung itu..." Sering kali, abis itu orang yang nanya bakal bilang aku itu sombong kali. Biasanya cewe yang harusnya jawab kaya gitu, kata mereka. Aku sih ketawa2 aja, soalnya selalu abis itu mereka ga pernah nanya ke aku kenapa aku jawabnya kaya gitu atau mereka langsung aja pergi ato bicarain yang lain. Atau kadang2 ada aja ibu2 itu yang mo ngenalin sama putrinya. Haaaah, ga kuaat... Gubrak...

Bener sih, biasanya kan orang kita anggap harusnya co yang beruntung dapatin ce. Aku sih setuju. Cuma masalahnya kok kebalikannya jarang banget ya dibilang. Apa memang si ce juga ga perlu beruntung sama si co? Itulah yang kupikirin, dulu sih, udah lama banget. Akhirnya, aku sadar seharusnya ga seperti itu. Menurutku sih, sebagai Kristen, baik itu co ato ce seharusnya menjadikan dan mempersiapkan dirinya sebaik mungkin sampai tiba saatnya Tuhan pertemukan mereka supaya masing2 menjadikan pasangannya orang yang beruntung telah menemukan dirinya. Jadi, si co siapin diri baik2 biar dia menjadi yang terbaik buat si ce. Gitu juga si ce sama si co. Kenapa? Karena bagiku itulah semangat yang benar kalo memang cintanya bener: semangat MEMBERI yang TERBAIK, semangat MENJADI yang TERBAIK bagi pasangannya. Terbaik, terbaik karena cinta. Coba kalo dua2nya kaya gitu sikapnya, how beautiful God's work is! Coba kalo cuma si co nya yang beruntung dapetin si ce tapi co nya brengsek, apa ga egois banget tu co? Kan kasian ce nya... hiks, hiks... Gitu loooh

Udah lah ya, moga2 ngerti maksudku... harus stop nih, mo makan soalnya...

No comments: