Wednesday, August 15, 2007

3/4 internship

Akhirnya selesai juga tugas ketiga internshipku hari ini padahal masih ada 33 hari lagi dari total 66. Lega banget rasanya, seneng. Pheww, jadi ingat waktu hari pertama aku mulai internship di Philips dan dijelasin tugasku apa aja, terus terang ada rasa kuatir juga dikit, apa aku mampu menyelesaikan keempat2nya dengan baik. Kesanku pertama sih, wah sulit nih kayanya. Emang bener sih, waktu kucoba ngerjain, sulit juga. Tapi toh akhirnya hari ini pun tiba dan 3/4 udah selesai hehe...

Sejauh ini, dari internshipku, aku belajar banyak. Aku bagiin deh sebagian yang kuingat hari ini. Ntar kalo ingat lagi yang lain, kutulis lagi lah.

Satu, aku belajar lagi kalimat mantap ini: DON'T REINVENT THE WHEEL. Di dunia ini rasanya sedikit sekali sesuatu yang bener2 baru. Kemungkinan besar udah ada orang lain di tempat dan waktu yang lain yang udah melakukan apa yang kita mo bikin. Nah, kalo kita bisa tahu gimana caranya mereka menyelesaikan satu masalah, ya ngapain harus kita mikirin ulang solusi yang mereka temukan. Jadi kalo mo mecahin satu persoalan, satu langkah pertama yang bijak ya coba cari dulu solusi yang udah ditemukan orang lain sebelumnya. Kalo memang ga ketemu juga, ya langkah berikutnya cari orang yang udah pernah atau sedang coba pecahin masalah yang sama, cuma belum ketemu jalan keluarnya. Who knows, dari diskusi bareng sesama pencari, siapa tau ide brilian muncul.

Dua, aku belajar bahwa EVERYTHING LOOKS BETTER IN THE MORNING. Sering banget aku kalo udah sore dan pikiran mumet, susah rasanya mikir. Waktu kita capek, persoalan sering kali jadi kelihatan lebih besar. Tapi, kebalikannya sering esok harinya, pagi2 waktu pikiran udah seger, eh ketemu aja tuh jalan keluar dan kerja juga cepet. Jadi, otak itu juga kaya orang. Kalo dia udah capek, ya memang produktifitas pun menurun. Kita paksa dia mikir, ya mana bisa. Jadi bener juga kata firman Tuhan, "kesusahan sehari cukuplah untuk sehari..."

Tiga, aku belajar ini nih: NEVER UNDERESTIMATE GOD. Satu tempat favoritku kalo udah sore2 di kantor adalah ruangan tangga darurat sepi di lantai 4 dimana aku bisa duduk santai sambil menyeruput kopi atau coklat panas (gratis bok!) dan menikmati pemandangan danau dan taman di tengah kompleks lewat jendela besar di depanku. Apa aja yang kulakukan di situ? Yah, kadang2 aku bicara2 sendiri sambil gerak2in jariku sambil mikir. Tapi yang paling sering, ya itu, berdoa dan ngomong ke Tuhan. Seringan sih ya ga pake tutup mata, cukup duduk atau jalan aja gitu bolak balik sambil ngomong, kaya ngobrol sama seseorang. Lucunya, aku ceritain aja ke Dia apa masalah yang aku lagi hadapi, cukup detil sambil pake istilah2 teknis. Hehehe, aku belajar bahwa Tuhan ngerti kok semua itu, meski istilahnya teknis dan sophisticated banget. Mau bicara bidang apa aja kek, Dia pasti ngerti lah. Jadi, jangan sungkan cerita yang detil ke Tuhan, seolah2 kita bilang ke Dia, "Tuhan, susah dan rumit kali ini, tak mungkin lah Kau ngerti Tuhan.... " Lucunya lagi, abis itu sometimes there is a soft tender voice within me yang bilang, "eh, kenapa kau mikirnya gitu? gini aja bikin... atau kenapa kau ga coba kaya gini... ato coba tes dulu ini... baca dulu ini...". Lha yang lucu apa? Suara itu juga pake istilah2 teknis tadi hahahaha....

Kayanya itu dulu lah buat hari ini. Lapar aku, mo makan... Blog sehari cukuplah buat sehari ;)

No comments: