Thursday, April 16, 2009

Bahan PA: Perjamuan Terakhir (3)

Bahan PA (Penggalian Alkitab) ini berdasarkan Alkitab LAI Terjemahan Baru yang dapat dibaca secara online di sini. Terjemahan bahasa Inggris dari versi New International Version (NIV).

***

Perjamuan Terakhir (3)

Mauritz Panggabean

Bacaan: Yohanes 13:31-32

Bagi orang Kristen umumnya, sangat mungkin istilah 'memuliakan Tuhan' atau yang senada dengan itu sudah tidak asing lagi untuk didengar atau diucapkan, entah misalnya melalui percakapan sehari-hari, khotbah, lagu-lagu atau buku-buku rohani. Namun, apakah kita mengetahui apakah artinya 'memuliakan Tuhan' itu? Di mata Tuhan sendiri, apakah sebenarnya yang Dia kehendaki membawa kemuliaan bagi nama-Nya? Dalam PA kali ini, kita akan belajar satu sisi lagi dari peristiwa perjamuan terakhir Yesus dengan murid-murid-Nya sebelum kematian-Nya yang akan menolong kita untuk menemukan jawaban atas kedua pertanyaan tadi. Semoga melalui PA ini, kita belajar mengenal Yesus lebih baik, mengetahui apakah yang hal begitu penting bagi Yesus, dan mengerti bagaimana itu semakin menolong kita bertumbuh dalam perjalanan mengikut Tuhan. Selamat menggali Alkitab!

Bacalah kembali kedua ayat di atas di atas, lalu jawablah dan diskusikanlah rangkaian pertanyaan berikut ini.

1. Di ayat 31 dan 32 ini, lima kali disebutkan kata-kata dengan kata dasar glory atau kemuliaan. Tingginya frekuensi sebuah kata digunakan dapat menunjukkan bahwa kata itu penting. Jika diperhatikan, Injil Yohanes memiliki kata ini lebih banyak daripada ketika Injil lainnya. Apakah yang Yesus maksudkan di kedua ayat di atas dengan 'sekarang' dan 'kemuliaan'? Bandingkan Yohanes 7:39, 12:23-33 (bandingkan Yohanes 3:14-15), 17:1-5 (bandingkan Yohanes 3:16-17), 8:50+54, 11:4+40.

2. Dari pertanyaan 1, apakah yang dapat kita kenal lebih jauh tentang pribadi Yesus? Apa pula yang dapat kita pelajari untuk kehidupan kita sebagai orang percaya?

3. Berikanlah satu atau dua contoh tindakan praktis yang hendak Anda lakukan dalam hidup Anda berdasarkan pelajaran dari PA ini.

***

Bahasan bahan PA ini dapat dibaca di sini.

1 comment:

Ferdinand said...

Banyak yang saya tidak "sangka-sangka" dari bapak. Pertama pak Gandhi lalu bapak sendiri, yang tetap meluangkan waktu untuk mempelajari Alkitab.
Memuliakan Tuhan, selama ini saya cari cari dalam pengertian saya sendiri. Nah, di blog ini secara kebetulan saya dibantu memahami arti memuliakan Tuhan. Dalam benak saya, bapak bukan tipe kharismatik tetapi protestan/katolik/lutheran.
Terlepas dari itu juga, lagi lagi saya ga nyangka kalo bapak senang dengan Alkitab.
Senang deh, rasanya punya dosen(walaupun cuman sekali dengar presentasi bapak) yang doyan belajar Alkitab.
Salam,



Ferdinand Panjaitan
1.1.1.0.6.0.2.7
PIDEL-STU Angkt' 2006