Saturday, April 11, 2009

Bahan PA: Perjamuan Terakhir (2)

Bahan PA (Penggalian Alkitab) ini berdasarkan Alkitab LAI Terjemahan Baru yang dapat dibaca secara online di sini. Terjemahan bahasa Inggris dari versi New International Version (NIV).

***

Perjamuan Terakhir (2)

Mauritz Panggabean

Bacaan: Yohanes 13:18-30

Andaikata kita tahu bahwa dalam waktu 24 jam dari sekarang kita akan menemui ajal kita dan sebelum waktu itu kita sehat-sehat saja, maka apakah yang akan kita sampaikan kepada orang-orang yang kita cintai? Dengan akal sehat, seharusnya kita akan menggunakan jam-jam dan menit-menit terakhir itu untuk menyampaikan hal-hal paling penting, bukan? Dalam rangkaian PA kali ini, kita akan belajar mengenal siapa Yesus lebih dalam lagi melalui bagaimana Ia melalui saat-saat terakhir-Nya sebelum kematian-Nya di Golgata. Kali ini kita akan menggali tentang perjamuan terakhir yang dituliskan di Injil Yohanes dan secara khusus tentang Yudas Iskariot. Semoga melalui PA ini, kita belajar mengenal Yesus lebih baik, mengetahui apakah yang hal begitu penting bagi Yesus, dan mengerti bagaimana itu mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari sebagai seorang Kristen. Selamat menggali Alkitab!

Bacalah kembali perikop di atas, lalu jawablah dan diskusikanlah rangkaian pertanyaan berikut ini.

1. Apakah lagi yang Yesus katakan kepada murid-murid-Nya pada perjamuan malam itu (ayat 21)? Bagaimanakah kondisi hati Yesus ketika mengatakannya? Kira-kira mengapa Yesus merasa demikian? Bandingkan ayat 29 dan Yohanes 6:71. Apakah yang dapat kita kenal tentang Yesus dari peristiwa ini?

2. Mengapakah Yesus memberitahukan apa yang begitu mengejutkan mereka itu (ayat 18-19)? Apa lagi yang dapat kita kenal tentang Yesus dari peristiwa ini (ayat 20)? Di tengah dunia dimana banyak orang tampil dan mengklaim diri mereka hamba Tuhan dan berani bernubuat, apa yang dapat kita pelajari dari sini sehingga kita dapat mengetahui siapakah hamba Tuhan yang sungguh-sungguh diutus oleh Allah?

3. Dari Yudas Iskariot di ayat 25-30, apakah yang dapat kita pelajari tentang kedaulatan dan kemahatahuan Allah, kehendak bebas manusia, dan Iblis yang menggoda? Bandingkan Yohanes 12:4-6, 6:71, 17:12, Matius 26:14-16, 26:23-25, Markus 14:10-11, Lukas 22:1-6, Matius 27:1-11.

4. Apakah pelajaran yang dapat kita petik dari Yudas dan pertanyaan 3?

5. Berikanlah satu atau dua contoh tindakan praktis yang hendak Anda lakukan dalam hidup Anda berdasarkan pelajaran dari PA ini.

***

Bahasan bahan PA ini dapat dibaca di sini.

No comments: