Friday, April 10, 2009

Bahan PA: Perjamuan Terakhir (1)

Bahan PA (Penggalian Alkitab) ini berdasarkan Alkitab LAI Terjemahan Baru yang dapat dibaca secara online di sini. Terjemahan bahasa Inggris dari versi New International Version (NIV).

***

Perjamuan Terakhir (1)

Mauritz Panggabean

Bacaan: Yohanes 13:1-17

Andaikata kita tahu bahwa dalam waktu 24 jam dari sekarang kita akan menemui ajal kita dan sebelum waktu itu kita sehat-sehat saja, maka apakah yang akan kita sampaikan kepada orang-orang yang kita cintai? Dengan akal sehat, seharusnya kita akan menggunakan jam-jam dan menit-menit terakhir itu untuk menyampaikan hal-hal paling penting, bukan? Dalam rangkaian PA kali ini, kita akan belajar mengenal siapa Yesus lebih dalam lagi melalui bagaimana Ia melalui saat-saat terakhir-Nya sebelum kematian-Nya di Golgata. Kali ini kita akan menggali tentang perjamuan terakhir yang dituliskan di Injil Yohanes. Semoga melalui PA ini, kita belajar mengenal Yesus lebih baik, mengetahui apakah yang hal begitu penting bagi Yesus, dan mengerti bagaimana itu mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari sebagai seorang Kristen. Selamat menggali Alkitab!

Bacalah kembali perikop di atas, lalu jawablah dan diskusikanlah rangkaian pertanyaan berikut ini.

1. Kapankah peristiwa itu terjadi?

2. Mengapa Yesus dan murid-murid-Nya berkumpul untuk perjamuan malam itu (Bandingkan Lukas 22:7, Matius 26:17, Markus 14:12, Keluaran 12)?

3. Apakah yang Yesus tahu mengenai diri-Nya dan apa yang akan terjadi pada-Nya (ay. 1, 3, 11)? Apa yang dapat kita kenal tentang Yesus dari ini?

4. Dengan apa yang diketahui Yesus tentang diri-Nya dan situasi pada saat itu, apakah yang dilakukan-Nya kemudian?

5. Mengapa kira-kira Petrus menolak Yesus saat hendak membasuh kakinya (ayat 8)? Bandingkan Mat. 16:15-17, Luk. 9:20 Yoh. 7:67-69, Lukas 5:1-10.

6. Apakah maksud Yesus memilih melakukan hal ini dalam saat-saat terakhir-Nya bersama murid-murid-Nya sebelum kematian-Nya (ayat 12-16)?

7. Apakah yang Yesus maksudkan dengan ayat 16? Bandingkan Yoh. 15:20, Mat. 10:24-25.

8. Apakah pelajaran yang dapat kita petik dari ayat 17? Bandingkan Mat. 7:24-27, Luk. 11:28.

9. Berikanlah satu atau dua contoh tindakan praktis yang hendak Anda lakukan dalam hidup Anda berdasarkan pelajaran dari PA ini.

***

Bahasan bahan PA ini dapat dibaca di sini.

No comments: