Friday, November 09, 2007

Sapa suruh datang Jakarta

Beberapa hari ini, dari portal berita dan beberapa email di milis, banyak yang mengeluhkan makin parahnya kemacetan di Jakarta. Dari yang macet 1 jam, sekarang bisa jadi 3 jam. Gila ya?! Terus terang, sejak dulu aku sempat kerja 3 bulan di Jakarta, abis itu aku ga mau lagi kerja disana. Waktu aku bilang ini ke bosku di perusahaan tempatku kerja dulu, dia bilang, "Ritz, masa baru 3 bulan kau langsung cepat kali ambil keputusan kaya gitu. Aku aja yang udah bertahun2, masih kerja di Jakarta tuh." Aku sih diam aja dengernya. Tapi aku sebenernya punya jawaban, cuma aku malas aja bilangnya, soalnya aku ngerasa dia udah ngeliat aku kaya anak kecil dan orang udik gitu. Aku mo jawab ke dia, "Lha, justru aku ga mau kaya bos. Kalo bisa ngambil keputusan yang tepat dalam 3 bulan, ngapain harus nunggu bertahun2??" Heheh, mikirnya kebalik ya.

Yah, banyak sih alasan kenapa orang akhirnya bertahan di Jakarta dan harus kerja tiap hari kaya mo pergi perang. Dari sekian banyak alasan, menurutku yang paling menyedihkan adalah kalo memang sudah ga ada pilihan lagi, udah terjebak dan udah susaaaah banget keluar dari situ. Kalo aja ada satu yang bisa diminta manusia ke Tuhan dan Tuhan kabulkan, aku sih mo minta biar perut otomatis terasa kenyang kalo dia udah mulai terasa lapar tapi kita masih punya nafsu makan. Susah memang jadi manusia, karena punya perut yang ga mau ngerti kalo udah minta diisi.

Tapi, menurutku sih bersyukurlah kalo masih bisa membuat pilihan lain dan belum terjebak. Aku sendiri bakal mikir berkali2 deh kalo diminta kerja dan tinggal di Jakarta (tergantung juga sih kerjanya apa dan tinggal dimana). Indonesia itu begitu luas, dan kalo pun mo kerja di kota, aku rasa, sejauh yang aku tahu, Medan dan Bandung masih oke tuh. Apalagi Medan, menurutku cukup strategis karena dekat Batam, Singapore dan Kuala Lumpur. Lalu gimana dengan kesempatan dan rejeki? Ah, itu mah datangnya dari Tuhan dan tergantung kita juga. Aku percaya, kalo memang seseorang punya kualitas dan keahlian yang dibutuhkan orang, pasti dia yang dicari orang (dan duit juga), bukan dia yang cari2 orang (atau duit). Kalo ada rumah makan yang masakannya lebih enak daripada cinta pertama, mau tempatnya ada di ujung gang yang susah ditempuh, kesana orang akan pergi dan cari.

Change before you have to.
Jack Welch

Sapa suruh datang Jakarta
Sandiri suka sandiri rasa
Ee do e sayang

No comments: