Tuesday, November 06, 2007

Dari 'Yerusalem' ke ujung bumi

Hidup adalah urusan mempengaruhi atau dipengaruhi, menjadi lebih baik atau lebih buruk. Pilihannya setiap kali selalu salah satu dari dua itu, tak pernah ada di tengah-tengah. Karena itu, peran dalam hidup pun selalu menjadi pihak yang mempengaruhi atau yang dipengaruhi. Mana yang lebih banyak kita perankan, itu kita sendiri yang memutuskan dan memilih. Tentunya, tak ada orang yang selalu mempengaruhi tanpa dipengaruhi. Tapi, mungkin saja, ada orang yang sedikit sekali mempengaruhi, tetapi begitu sering dan mudah dipengaruhi orang lain.

Aku pernah dan akan selalu mengalami kedua peran itu. Orang bilang, leadership is about influence dan aku setuju. Tak ada yang paling membahagiakanku kalau aku dapat memberi pengaruh dalam hidup orang lain sehingga mereka menjadi lebih baik. Seperti hari ini, aku sungguh senang karena itu terjadi lagi sehingga aku melihat langsung perubahan yang baik terjadi dalam hidup beberapa orang teman. Aku sendiri ga nyangka itu terjadi, tetapi hei, apakah itu terjadi atau tidak bukankah itu bukan urusan kita? Yang penting, tetaplah hidup memberi pengaruh. Soal orang mendengar atau tidak, menerima atau menolak, seharusnya bukan menjadi penentu untuk kita dapat memberi pengaruh yang baik.

Soal pengaruh, aku belajar kalau itu harus dimulai dari aku sendiri, orang-orang yang dekat denganku, terus lama-lama penetrasinya makin jauh, apalagi menggunakan media. Yang dibutuhkan adalah waktu dan konsistensi untuk tetap memberikan pesan dan pengaruh yang sama setiap saat. Aku bayangkan, kalau usia segini aku bisa memberi pengaruh kepada orang-orang di dekatku, jika aku semakin berkembang dan melengkapi diri, maka aku yakin semakin aku tua, seharusnya semakin pula berisi dan pengaruhku pun makin kuat dan luas. Waktu dan kesetiaan, dan akhirnya, tentu saja, kuasa yang dari atas. Seperti kata-kata Seorang muda hampir dua ribu tahun yang lalu yang hidupnya cukup singkat tapi pengaruhnya begitu besar termasuk dalam hidupku saat ini, "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi."

Hari ini di 'Yerusalem', hingga nanti tetap di 'Yerusalem' tetapi hingga ke ujung bumi...

No comments: