Wednesday, November 07, 2007

I CAN DO IT!

If we knew what it was we were doing, it would not be called research, would it?
- Albert Einstein (1879 - 1955)

Copy from one, it’s plagiarism; copy from two, it’s research.
- Wilson Mizner (1876 - 1933)

Satu pelajaran berharga dari internship yang lalu adalah sebelum memulai riset, hal pertama yang aku harus lakukan adalah mengumpulkan dan mempelajari sebanyak2nya dan selengkap2nya hasil2 penelitian yang udah dilakukan orang tentang topik itu. Setelah itu, baru aku mendefinisikan ulang sampai jelas research question yang hendak kujawab dan kontribusi orisinil apa yang bisa aku hasilkan dengan penelitianku. Ini semua penting banget buat efektifitas dan efisiensi kerjaku sendiri. Kalau saja aku gagal dalam tahap ini, maka mungkin saja, dengan informasi yang ga lengkap, aku melakukan sesuatu yang semuanya sudah dilakukan orang lain sebelumnya dan hasilnya pun belum tentu lebih baik. Jadi, never reinvent the wheel, but instead, improve it.

Itulah yang persis kulakukan sepanjang hari ini dan aku telah mengumpulkan begitu banyak data dan hasil tentang topik yang akan kukerjakan dari penelitian2 orang sebelumnya. Duh, terus terang, abis aku baca2 dan pelajari sebagian, aku rada minder dikit, soalnya paper2 yang kubaca itu hampir semua penelitian doktor dari universitas2 top di USA sana, kaya Stanford, MIT, CMU, dll. Hasil2nya juga mengagumkan. Aku jadi mikir, gimana caranya aku yang sebenernya backgroundnya elektro dan bukan computer science, bisa kasi kontribusi untuk bidang ini, padahal hasil yang mereka udah capai udah segitu bagusnya? Entahlah. Oh, siapakah aku ini ya kalo aku akhirnya bisa ngasilkan sesuatu yang cukup orisinil?... I wish I could...

Ah, tapi ngapain juga aku pikirin itu ya kan. Ini kan baru hari keempat dari 9 bulan, masih panjang, meski aku juga ga boleh jadi berleha2. Output yang kuinginkan dari proses literature study ini adalah aku mampu memformulasikan research questions ku sampe jelas batasannya dan goal yang mau kucapai, termasuk kontribusi orisinil yang dapat kuhasilkan dari tesisku. More or less, sekarang itu jadi lebih jelas lah daripada assignment yang sebelumnya dikasi pembimbingku. Kembali kata2 profesor pembimbingku waktu memulai internship dulu terngiang2 di kepalaku sekarang. Katanya, "please don't start by thinking you'll change the world with what you're going to do." Iya juga sih, lebih baik start small but achievable, daripada thinking big but finally I lose my sanity, alias jadi stress trus botak, lalu aku jadi jelek deh jadinya, apalagi jadi gila... duh, kacian kan nanti orangtua, keluarga, apalagi pacarku yang lagi nunggu2 aku... kalo mereka jadi sedih dan nangis gimana dong, ... hiks, hiks, heheheh... ga ah, becanda doang kok. Hey negative thoughts, get lost!

Ayo Ritz, semangat, semangat... maju tak gentar. With God, you CAN DO it. Nothing is impossible with him. Yeah...

You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it.
You can do it
....

If any of you lacks wisdom, he should ask God, who gives generously to all without finding fault, and it will be given to him. But when he asks, he must believe and not doubt, because he who doubts is like a wave of the sea, blown and tossed by the wind.
- James 1:5-6

No comments: