Friday, November 03, 2006

Refleksi dari alam: relatif dan absolut

Menjelang musim dingin ini, aku perhatikan hal baru yang belum pernah kulihat di Indonesia. Selain suhu makin dingin (sekarang bisa 5 derajat Celcius kalo malam), hari makin cepat gelap. Seperti sekarang aku mengetik di lab ini, waktu masih jam 6.15 tapi di luar udah kayak jam 9 malam gelapnya. Saat waktu tidak bisa ditentukan dari fenomena matahari terbenam dan terbit, saat itulah aku menyadari betapa pentingnya punya jam tangan atau penunjuk waktu lain yang bisa menolong kita melihat sekarang jam berapa. Pernah aku asik kerja di kampus dan terkejut waktu lihat hari tiba2 udah gelap. Eh, pas aku lihat jam dinding, ternyata masih jam 6.

Apa yang kupelajari dari sini? Aku belajar betapa berbahayanya kalau sistem nilai kita itu relatif. Betapa berbahayanya kalau dalam hidup kita ga punya standar kebenaran yang stasioner dan tetap yang dapat dijadikan titik referensi untuk menilai segala sesuatu. Betapa bahayanya ketika hidup kita hanya mengikuti apa kata orang, apa kata zaman, apa yang lagi trend, tanpa pernah mempertanyakannya. Seperti kata G. K. Chesterton, orang yang tidak percaya Allah bukan menjadi orang yang tidak percaya apa2. They will end up believing anything!

No comments: