Tuesday, November 14, 2006

Persistence (lagi)

Tadi siang aku pulang dari ruang belajar ICTheek sama seorang teman anak Belanda di Elektro. Dia mahasiswa program Ingeniur yang lama, 5 tahun dan sudah mencakup bachelor dan master. (Sekarang program ini udah ngga ada dan diganti dengan sistem Anglo Saxon, yaitu bachelor 3 tahun dan master 2 tahun).

Selama perjalanan, kami ngobrol tentang kuliah. Satu hal yang mengejutkanku adalah tingginya angka orang yang gagal di Elektro TUE. Bayangkan, dia bilang di angkatannya waktu tahun pertama yang masuk ada 100 orang. Setelah masuk tahun kedua yang tinggal ada 50 orang! 50%-nya gugur. Trus setelah sekarang udah hampir 6 tahun dia kuliah, tinggal sekitar 25 orang yang bertahan, termasuk dia. Wow! Dan satu lagi, dia bilang rasanya ga pernah ada yang selesai tepat 5 tahun. Paling cepat paling 5.5 tahun dan rata2 selesai 6.5 tahun. Ini sekarang tahun keenam dia kuliah.

Mendengar itu aku bilang ke dia, "You are the lucky one still finding yourself here." Trus dia jawab, "I'm not lucky. What it takes to be here and finish successfully is PERSISTENCE." Jawabku, "You have mentioned the most important key to success in nearly everything." Bagiku, percakapan ini mengingatkan aku untuk tidak patah semangat dan terus berjuang, seperti temanku itu. Butuh keberanian besar untuk memulai. Tapi butuh ketekunan besar untuk menyelesaikan dengan baik.

6 hari lagi ujian pertamaku... 6, 5, 4, 3, 2, 1...

No comments: