Sunday, November 05, 2006

Buku dan orang

Minggu ini dari tanggal 1 - 5 Nov ada book fair di Eindhoven. Adanya sekali setahun dan bukunya murah2 banget. Bukunya banyak sekali dan tempatnya seperti hangar pesawat! Meski gitu, ga semua buku di toko ada di sana. Aku pergi kesana dua kali, Jumat dan Sabtu dan ketika aku tiba di sana, aku seperti anak kecil yang kegirangan karena baru masuk Disneyland. Yang bikin anak itu makin girang adalah dia punya uang untuk main apa aja. Ya, aku bisa beli buku apapun yang kumau di situ.

Tiap kali aku kesana, aku habiskan 2 jam lebih buat liat2 buku mana yang mau kubeli. Jumat, karena aku belum makan malam, aku agak terburu2 jadi ga sempat explore semuanya. Aku hanya beli 5 buku, total 33 euro. Aku sampe rumah jam 9.30 malam. Sabtu kemarin, aku pergi lagi dan kali ini aku udah makan siang, jadi punya energi cukup. Aku akhirnya pulang ke rumah dengan membawa 15 buku! Total 81 euro.

Menghabiskan uang untuk buku memang bukan hal aneh buatku. Aku memang lagi pengen beli di sini karena memang buku2nya bagus (isi dan bentuknya, masih baru) dan MURAH banget dibandingin kalo aku beli di Indonesia/internet. Selain itu setelah aku ke perpus TUE, aku ga menemukan banyak buku yang menarik buatku. Lagipula, kan beda minjam sama beli hehehe.

Aku merasa kita bisa mengenal seseorang dari apa dia suka baca buku dan kalo ya, buku apa yang dia suka baca. Buku adalah satu hal yang dapat sangat mempengaruhi seseorang dan pengaruh itu akan tampak dari kata2, pikiran dan perbuatannya. Aku memang suka baca, baca buku apa aja yang bagus. Aku pikir ini dimulai karena papa punya perpustakaan kecil di rumah, di ruang keluarga dan sebagian lagi di gudang hehehe. Aku belajar bahwa punya perpustakaan keluarga itu dampaknya besar bagi anak. Suatu saat aku akan bikin perpustakaan di rumahku, buat anak2ku dan teman2 mereka... Memiliki dan membaca buku bagus pasti investasi yang menguntungkan.

Jadi, apa aja buku yang kubeli? Ini dia bacaanku buat setahun ini, sampe book fair tahun depan.

1. Oxford English Minidictionary
2. Oxford Minithesaurus
3. Kirk Cameron & Ray Comfort, The School of Biblical Evangelism
4. Udo Gashoff, Let Me Finish
5. Partha Bose, Alexander The Great's Art o f Strategy
6. Robert Kaplan & Ellen Kaplan, The Art of the Infinite: The Pleasures of Mathematics
7. Dewdney, Beyond Reason: 8 great problems that reveal the limits of science
8. Colin Beard & John Wilson, Experiential Learning
9. Clarke, Dawson & Bredehoft, How Much is Enough?
10. Kaplan, Learning Power
11. David Allyn, I Can't Believe I Just Did That
12. Carl von Clausewitz, On War
13. Stephen Covey, The 8th Habit
14. Stephen Covey, The 7 Habits of Highly Effective People
15. Simon Singh, Big Bang
16. Scott Flansburg, Math Magic: How to master everday math problems
17. Rosabeth Moss Kanter, Confidence
18. Noel Tichy, The Cycle of Leadership
19. Jostein Gardner, Sophie's World
20. Dominic O'Brien, Learn to Remember
21. Len Fisher, How to Dunk a Doughnut?
22. Introducing Psychology: Thinking and Knowing
23. TIME, Great Inventions
24. Geraldine Flanagan, Beginning Life

Wah, sekarang kok jadi 24 yah? Salah hitung...

No comments: