Sunday, March 01, 2009

Clash of Worldviews

Di bawah ini adalah materi diskusi yang kusiapkan untuk Bible Study Trondheim, Sabtu 28 Februari 2009. Semoga berguna.

Clash of Worldviews
Daniel 1:1-21

Setiap orang pasti memiliki worldview dan dalam hidup kita sehari-hari sebagai seorang Kristen, kita akan berjumpa dengan banyak orang dengan berbagai worldview yang bisa jadi berbeda bahkan bertentangan dengan Firman Tuhan. Tidak salah jika ada yang mengatakan bahwa inilah clash of worldviews yang terjadi setiap hari, entah kita sadari atau tidak. Hari ini kita akan belajar dari perikop di atas bagaimana kita harus hidup dan bersikap dalam dunia yang demikian yang sangat mungkin sedang kita alami setiap hari. Bacalah perikop di atas dan diskusikanlah:
  1. Pernahkah Anda mengalami tekanan dari orang atau lingkungan dengan worldview yang berbeda bahkan bertentangan dengan Firman Tuhan? Worldview seperti apa yang biasa Anda temui dalam kehidupan Anda seharihari? Cobalah bagikan secara singkat.
  2. Apa saja empat perubahan eksternal mendasar yang dialami oleh Daniel dkk (ay. 1-2, 4-5, 7)? Menurut Anda, apakah kira-kira tujuan Babel dengan melakukan semua perubahan itu (bandingkan arti nama lama dan baru di ay. 6 dan 7)? Mengapa pula Allah menyerahkan raja dan bangsa Yehuda dibuang ke Babel (Yer. 25:1-11)?
  3. Bagaimanakah Daniel dkk bersikap terhadap setiap perubahan di atas? Menurut Anda, mengapa mereka bersikap demikian?
  4. Perhatikan bagaimana sikap dan strategi Daniel dkk secara khusus dengan santapan dan anggur yang ditetapkan Raja Babel untuk mereka (ay. 8-16). Apa saja prinsip yang dapat kita pelajari dari Daniel dkk?
  5. Menurut Anda, apakah sikap dan tindakan Daniel dkk itu tidak perlu dan berlebihan, atau memang seharusnya dilakukan? Mengapa?
  6. Menurut Anda, apa kunci yang membuat Daniel dkk sanggup berketetapan dan bertindak seperti di ay. 8-16? Bandingkan Dan. 2:14-18 6:5,10-11.
  7. Coba bandingkan apa yang Allah lakukan kepada Raja Yoyakim dan bangsa Israel dengan yang Allah perbuat kepada Daniel dkk. Apa saja yang dapat kita pelajari tentang Allah dari bagian ini?
  8. Apakah yang akan Anda lakukan jika Anda berada di posisi yang mirip seperti kondisi Daniel dkk dimana keyakinan Anda pada Firman Tuhan diperhadapkan dengan tawaran, godaan, tekanan atau pengaruh dari orang atau lingkungan dengan worldview yang bertentangan dengan Firman Tuhan? Apa yang menolong Anda untuk mampu melakukannya? Bagikanlah.
  9. Pikirkan dan bagikanlah satu aplikasi praktis yang akan Anda lakukan sesuai dengan pelajaran hari ini dan kehidupan Anda sehari-hari.
“Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, …” (Roma 12:2)


Worldview can be simply defined as the overall perspective from which one sees and interprets the world, or a collection of beliefs about life and the universe held by an individual or a group.
Source: http://www.thefreedictionary.com/worldview

No comments: